PERALATAN MEDIS ROMAWI KUNO


Vaginal Speculum

Salah satu yang paling spektakuler, jika menakutkan melihat, peralatan medis Roma adalah dilator vagina atau spekulum (dioptra). Ini terdiri dari priapiscus dengan 2 (atau kadang-kadang 3 atau 4) dovetailing katup yang dibuka dan ditutup dengan menangani dengan mekanisme sekrup, sebuah pengaturan yang masih bisa ditemukan di Specula dari abad ke-18 Eropa. Soranus adalah penulis pertama yang membuat spekulum menyebutkan khusus dibuat untuk vagina. Graeco-Romawi penulis ginekologi dan kebidanan sering menganjurkan penggunaannya dalam diagnosis dan pengobatan gangguan vagina dan rahim, namun itu adalah salah satu yang paling langka alat-alat medis yang masih hidup. Specula besar dan mudah dikenali dan seharusnya tidak menderita sama tingkat kehancuran sebagai instrumen tipis, seperti penyelidikan, pisau bedah dan jarum. Sebagai sumber perunggu, bagaimanapun, mereka mungkin telah lebih peka terhadap daur ulang dari instrumen yang lebih kecil.






Rectal Speculum

sebutan paling awal untuk rectal speculum yang ditemukan dalam tulisan Hippocrates (iii.331)
Pasien diterlentangkan untuk memeriksa bagian ulserasi usus melalui dubur.




Bone Levers

Seperti kutipan Galen, peralatan ini digunakan untuk tulang yang patah dikembalikan pada posisi semula, dan dapat juga digunakan untuk meluruskan gigi.





Bone Forceps

Soranus (lxiv) mengatakan bahwa dalam kasus janin impaction dari tempurung kepala, kepala dapat dibuka dengan alat yang tajam dan potongan-potongan tengkorak dengan tulang forsep dihapus. Paul Aigenita (VI.xc) mengatakan bahwa dalam suatu depresi fraktur tengkorak "tulang retak harus dihilangkan dalam fragmen, dengan jari jika mungkin, jika tidak, dengan forsep tulang."




Cupping Vessels for Bloodletting (from two perspectives)

atau Alat penyedot darah, yang besar digunakan untuk daerah yang lebih besar pada tubuh, seperti punggung atau paha. peralatan yang lebih kecil akan diterapkan pada lengan.



Tubes to Prevent Contractions & Adhesions

Setelah operasi pada hidung, rektum, vagina, dll, itu biasa untuk memasukkan tabung timah atau perunggu untuk mencegah kontraksi atau adhesi dan juga untuk memasukan obat-obatan.



Clyster for Administering Enemas



Tile Cautery

auterisasi dipekerjakan untuk tingkat yang hampir luar biasa di zaman kuno, dan ahli bedah dikeluarkan banyak kecerdikan dalam merancang berbagai bentuk instrumen ini. Yang kauterisasi dipekerjakan untuk hampir setiap kemungkinan tujuan: sebagai seorang 'counter-iritasi', sebagai haemostatic, sebagai sarana untuk menghancurkan tumor, dll.



Portable Probe Case

silinder biasa digunakan untuk menyimpan dan melindungi probe tipis dan curettes digunakan oleh dokter. Hippocrates menyebutkan kasus peralatan portabel untuk digunakan pada housecalls.



Male Caltheter




Obstetrical Hooks/Sharp Hooks

Kait, tumpul dan tajam, sering disebutkan dalam bahasa Yunani dan sastra Latin, dan melayani tujuan yang sama mungkin kita menggunakannya untuk: tumpul untuk bedah dan membesarkan pembuluh darah seperti jarum aneurism modern; yang tajam untuk menangkap dan mengangkat potongan-potongan kecil jaringan untuk eksisi dan untuk memperbaiki dan mencabut tepi luka. Dalam pembedahan, banyak manipulasi yang kita lakukan dengan forseps bedah mayat dilakukan oleh orang dahulu dengan kait tajam.



Epilation Forceps

Sejauh ini jumlah terbesar forsep jenis ini bukan alat bedah, tetapi alat rumah tangga. Banyak yang digunakan untuk pencukuran bulu (hair removal) atau digunakan oleh para seniman.




Uvula Forceps

Dalam Aetius (II.iv.2), ada deskripsi yang menarik dari amputasi anak lidah dengan terlebih dahulu menghancurkannya dalam forsep untuk mencegah perdarahan dan kemudian memotong nya. Hippocrates (I.63) menyebutkan anak lidah crusher sebagai salah satu instrumen yang diperlukan untuk perlengkapan dokter.



Scalpels



Surgical Scissors

Oribasius penulis bedah memperlakukan pemotongan rambut sebagai prosedur medis yang teratur dalam bab khusus karyanya. Celsus juga sering merujuk memotong rambut sebagai ukuran terapeutik. Mungkin orang dahulu menemukan kesulitan dalam menempatkan kelebihan cukup halus untuk tujuan bedah gunting mereka. Kami memiliki sedikit referensi untuk penggunaan gunting untuk memotong jaringan.


Spatula Probes

Hampir setiap penulis medis menyebutkan spathomele. Terdiri dari tangkai panjang dengan titik olivary di satu ujung dan spatula di ujung lainnya. Itu adalah farmasi bukan alat bedah ketat. Akhir zaitun digunakan untuk mengaduk obat-obatan, yang spatula untuk menyebarkan mereka di bagian yang sakit. Yang spathomele digunakan oleh pelukis untuk mempersiapkan dan mencampur warna mereka. Angka yang sangat besar di mana mereka ditemukan akan menunjukkan bahwa penggunaannya tidak terbatas pada orang-orang medis.



Probes/Curettes

Lingkup seni cyathiscomele medis terbukti, seperti flat spathomele, kadang-kadang bertindak sebagai suara, tapi terutama untuk campuran, mengukur dan menerapkan obat-obatan. Ada yang diadaptasi untuk digunakan sebagai curettes. Jumlah besar di mana alat ini terjadi akan dengan sendirinya menunjukkan bahwa itu digunakan untuk berbaring serta tujuan medis.



ALAT OPERASI ZAMAN ROMAWI KUNO
Peralatan asli yang di gali di tempat pembedahan di Pompei. Dinamakan demikian karena peralatan tersebut ditemukan disana. Pada tahun 1947, peralatan tersebut diserahkan kepada perpustakaan ilmu kesehatan Claude Moore oleh unit 8th EVACUATION MEDICAL dari Universitas Virginia setelah mengalami perbaikan di Italia selama perang Dunia ke II. Koleksi - koleksi tersebut adalah peralatan bedah zaman romawi abad I SM yang masih tersisa dan bertahan hingga sekarang, sedangkan pada abad ke V SM pada zaman Hippocrates ada sedikit perubahan dan modifikasi pada alat bedah, begitu juga pada abad ke II M oleh Galen. ini merupakan ciri khas koleksi praktik bedah selama hampir satu milenium. Bahkan, teknologi dari beberapa alat, seperti spekulum vagina, tidak berubah secara signifikan hingga abad ke-20.
Tampilan berikut menyajikan gambar dan ringkasan dari masing-masing peralatan dan kegunaannya. menggunakan instrumen. Komentar dari penulis medis dari zaman purbakala termasuk Oribasius, Galen, Soranus, Aetius, dan korpus Hipokrates - telah menyediakan ahli dengan beberapa petunjuk tentang penggunaan dari peralatan tersebut.
All images are the property of the Claude Moore Health Sciences Library, University of Virginia.




Category Article

One Response to “warna - warni”

What's on Your Mind...

http://ivan-penuhwarna.blogspot.com/. Powered by Blogger.

Followers